Minggu, 23 Oktober 2011

Tantangan Hidup Muslim di Perancis

Tantangan Hidup Muslim di Perancis

Islam adalah salah satu agama dari beragam agama di Perancis. Meskipun sejak dahulu warga muslim sudah ada di Perancis, baik Perancis daratan ataupun wilayah yang kependudukannya di luar Eropa, imigrasi massal muslim ke Perancis di abad 20 dan 21 telah membuat negara ini menjadi salah satu negara dengan komunitas muslim terbesar di Eropa. Pertumbuhan Islam di Perancis juga didorong oleh penduduk pribumi yang mendapatkan hidayah dan berpindah agama menuju cahaya islam.
Banyak versi mengenai jumlah Muslim di Perancis. Menurut Departemen Negara Amerika, pada 2006 terdapat sekitar 10% Muslim di Perancis, dimana jajak pendapatan yang diadakan setahun setelahnya menunjukkan 3% dari jumlah penduduk nasional negara Perancis. Namun menurut buku yang diterbitkan oleh Badan Intelejen Pusat Amerika(CIA), CIA World Factbook, menyatakan bahwa ada sekitar 5-10% populasi Muslim di Perancis. Pada tahun 2000 saja, Kementrian dalam Negeri Perancis memperkirakan ada 4,1 juta orang yang dilahirkan kedalam keluarga Islam, dan sekitar 40.000 orang yang beralih agama. Bahkan ada juga yang memperkirakan bahwa jumlah muslim di Perancis berjumlah sekitar 7juta jiwa pada tahun 2009.
Walaupun termasuk muslim terbesar di Eropa namun pada hakikatnya mereka tetap adalah kaum minoritas disana. Tidak mudah memang hidup di lingkungan minoritas, apalagi seorang Muslim yang tinggal di negara yang menganut faham sekularisme, dan terlebih lagi setelah Islam di Indentikkan dengan terorisme, membutuhkan perjuangan ekstra untuk tetap berpegang teguh mempertahankan keimanan seseorang, sedangkan kebanyakan muslim Perancis adalah mualaf yang baru mengenal islam.
Banyak sekali halangan dan rintangan yang dihadapi oleh warga muslim di Perancis, masih ada sedikit diskriminasi yang masih menonjol dalam kehidupan sehari-hari mereka, walaupun tak sedikit warga perancis non – muslim yang menghargai tetangga mereka yang notabene adalah seorang muslim. Seperti yang kita ketahui, sebagian warga muslim di Perancis bekerja di beberapa departemen pemerintahan. Bahkan disana cukup banyak para polisi wanita yang berjilbab. Namun akhir-akhir ini pemerintah Perancis mulai memberlakukan diskors bagi mereka yang bertugas mengenakan jilbab dan akan menghadapai komite displiner.
Sumber : Majalah UMMATie, edisi 07/Thn.Iii maret 2010


0 komentar:

Posting Komentar