Rabu, 07 Maret 2012

HARDSKILL


Apa sih hardskill itu? Apa juga pentingnya hardskill? Apakah perlu hardskil itu? Hal-hal sederhanalah itulah yang seringkali timbul dalam pertanyaan kita.

            Hard Skill adalah skill yang berdasarkan bidang yang betul-betul dia menjadi pakar di dalamnya. contohnya jika dia adalah seorang ekonom, maka dia seharusnya menguasai konsep-konsep atau teori-toeri tentang ilmu ekonomi serta dapat melakukan analisa terhadap persoalan-persoalan yang menjadi kepakaran dia, misalnya lagi seorang dokter hewan membutuhkan pengetahuan dan keterampilan diagnostik hewan. Tentunya hardskill sangat berguna untuk kita dan sangat diperlukan saat melakukan wawancara pekerjaan.

Contoh penerapan Hard Skill adalah segala ketrampilan yang dimiliki misalnya ketrampilan penguasaan Bahasa Asing, ketrampilan penguasaan mengenai IT dan lain-lain, seperti profesi akuntan di sebuah perusahaan. Supaya bisa menjalankan profesinya, dia harus menguasai teknik akunting, keterampilan kerja seperti mengetik, menulis, matematika, membaca dan kemampuan untuk menggunakan program perangkat lunak.

            Oleh sebab itu, jika kita ingin menjadi sukses maka antara hardskill dan softskillnya harus seimbang. Di situlah awal kita tahu bahwa walaupun seseorang memiliki kejeniusan terhadap suatu bidang tanpa didukung oleh kemampuan bernegosiasi yang baik maka orang tersebut bisa menemui kesulitan ketika di suatu waktu dia harus berinteraksi dengan orang lain.

Sumber :
1.      alfihw.wordpress.com/2008/03/21/hard-skill-and-soft-skill/

0 komentar:

Posting Komentar