Minggu, 21 Oktober 2012

EFEK POSITIF DAN NEGATIF DARI PERKEMBANGAN TELEMATIKA YANG PESAT

Pada zaman ini perkembangan teknologi sudah sangat berkembang pesat. Tentu saja efek negatif dan positif dari perkembangan telematika tersebut tergantung dari segi pemanfaatannya. Contohnya saja jika penggunaan telematika itu digunakan oleh anak – anak dalam bermain game online sepanjang hari sudah sangat berdampak negatif untuk anak tersebut. Di bawah ini ada beberapa efek positif dan negatif dari perkembangan teknologi yang pesat saat ini.
    Efek positif dari perkembangan telematika diantaranya :
  • Kemudahan dalam memperoleh informasi. Informasi yang diperoleh dapat bersifat real time artinya pada saat itu juga dan informasi yang diinginkan dapat diperoleh secara langsung pada sumbernya.
  • Kemudahan dalam memperoleh data, kita dapat memperoleh data dan informasi dari berbagai sumber, baik dari dalam negeri maupun luar negeri secara cepat.
  • Penghematan waktu. Tidak perlu bersusah payah pergi ke tempat jauh untuk mengetahui kabar teman atau sanak saudara di sana, karena sudah ada media teknologi yang canggih.
  • Keuntungan bagi anak – anak diantaranya dapat diperoleh adalah penggunaan perangkat lunak pendidikan seperti program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, kini perangkat pendidikan ini kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan materi, sehingga anak semakin suka.
Sedangkan efek negatif dari perkembangan teknologi diantaranya yaitu :
  • Adanya Cyber crime atau kloning data.
  •  Mengubah data tanpa seizin pemilik data.
  • Terlalu lama berinternet juga dapat mebuat seseorang terisolasi dari masyarakat sekitarnya karena tidak bersosialisasi pada masyarakat sekitar.
  • Efek negatif bagi anak – anak, mereka dapat dengan mudah melihat materi bermuatan seks, kekerasan yang dijajakan secara terbuka tanpa penghalang.

Referensi :
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/10/tugas-telematika-8/

0 komentar:

Posting Komentar