Selasa, 26 Oktober 2010

kepemimpinan

Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah bagian tersendiri dari manajemen(leadership). kepemimpinan yang efektif harus memberikan pengarahan terhadap usaha-usaha semua pekerja dalam mencapai tujua-tujuan organisasi, tanpa kepemimpinan hubungan antara tujua perseorangan dengan tujuan organisasi akan menjadi renggang(lemah). Oleh karena itu, kepemimpinan sangat diperlukan bila suatu organisasi ingin menjadi sukses.
Contoh sederhana dalam kehidupan sehari-hari adalah dalam suatu keluarga. Dalam keluarga juga diperlukan seorang pemimpin yaitu suami dan anggotanya adalah istri beserta anak-anaknya. Coba anggap sebuah keluarga itu adalah organisasi, maka dibutuhkan pemimpin yang mampu mengemong atau menuntun anggotanya kea arah yang benar agar dapat mencapai suatu tujuan yang baik dan memperoleh keluarga yang harmonis dan bahagia.
jika sebuah keluarga dalam masalah, maka seorang suami harus bisa menata kembali keluarganya, tentu saja dengan bantuan istrinya serta anak-anaknya dan seperti itulah suami yang bertanggungjawab.
Dalam Islam pun, disebutkan adanya khalifah atau pemimpin. pemimpin dimuka bumi ini adalah manusia. dimana manusia tersebut harus mampu menjaga dan mengelola buminya dengan baik agar tidak salah arah atau menjadi bencana bagi manusia itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar