Selasa, 26 Oktober 2010

tugas1


Pengertian Organisasi dan Metode secara lengkap adalah :
            Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan factor yang menentukan bagi berasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.

1.     Sebutkan 6 (sumber-sumber) manajemen ( The Six M’s Manajement)?
Keempat kegiatan manajemen tidak dapat terlaksana tanpa adanya sumber-sumber ataupun sarana yang harus didayagunakan secara tepat. sumber yang dimaksud disebut 6M (The six M’s in management istilah George R. Terry) yaitu :
a.      Manusia atau tanaga kerja (manpower)
b.      Uang atau dana(money)
c.       Bahan-bahan atau material (materials)
d.      Mesin dan peralatan (machine and equipment)
e.      tata kerja (methods)
f.        pasar (market)

2.     Mengapa Market dan Methods tidak termasuk dalam sumber-sumber manajemen?

Dalam kegitan manajemen ke-6 sumber diatas mutlak diperlukan tetapi dalam sudut pandang O & M, Methods & Market tidak disebut sebagai sumber. Metode hanyalah cara yang dipergunakan sedangkan market adalah wahana untuk memperluas sasaran kegiatan.

3.     Apa yang dimaksud dengan Efisien dan Efektif?

1.         Pengertian Efisiensi

     Efisiensi adalah perbandingan terbaik atau rasionalitas antar hasil yang diperoleh atau output dengan kegiatan yang dilakukan serta sumber dan waktu yang digunakan.
kalau dirumuskan sebagai berikut :
                             Efisiensi = Output dibagi input
Efisiensi kerja dapat ditingkatkan melalui ;
a.       pelaksannan fungsi manajemen secara tepat.
b.      pemanfaatan sumber-sumber daya ekonomi yang tepat.
c.       pelaksanaan fungsi-fungsi organisasi sebagai alat pencapaian tujuan ang setepat-tepatnya.
d.      pengarahan dan dinamika organisasi dilakukan untuk pengembangan dan kemajuan yang berkesinambungan.

4.     Sebutkan kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam scope O & M?

Adapun kegiatan yang termasuk kedalam O & M adalah sebagai berikut :
a.       analisis organisasi (organization analysis).
b.      komunikasi dalam organisasi (communication in the organization).
c.       tentang tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja.
d.      pentingnya filing dari segi O & M.
e.       pentingnya jangka waktu penyimpanan data dan dokumen.
f.        pentingnya formulir dari segi O & M
g.      pendayagunaan mesin kantor.
h.      pendayagunaan perabotan dan peralatan kantor.
i.        pentingnya tata ruang kantor dan perencanaan penyusunan ruangan kerja.
j.        pentingnya penulisan laporan dalam O & M.
k.      pentingnya buku pedoman kerja.
l.        pentingnya O & m anggaran belanja.
m.    analisis kepegawaian.
n.      pentingnya penyederhanaan kerja.
o.      orgnisasi unit O & M
p.      kesimpulan akhir. (final conclution).




0 komentar:

Posting Komentar