Selasa, 26 Oktober 2010

tugas3

Kepemimpinan
Kepemimpinan(leadership) adalah bagian tersendiri dari manajemen . kepemimpinan yang efektif harus memberikan pengarahan terhadap usaha-usaha semua pekerja dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi, tanpa kepemimpinan hubungan antara tujuan perseorangan dengan tujuan organisasi mungkin menjadi renggang(lemah).
Jaringan Blake dan Mouton mengidentifikasikan gaya seorang manajer, tetapi tidak secara langsung berkaitan dengan efektivitas. William J. Radden, seorang professor dan konsultan kanada, telah menambahkan dimensi ketiga atau efektivitas pada modelnya. teori ini menyajikan empat gaya kepimimpinan dasar dan setiap gaya dapat efektiv atau tidak dapat efektif tergantung pada situasi, kedelapan gaya ini diuraikan sebagai berikut :
1. Sebutkan gaya kepemimpinan yang saudara ketahui?
a. gaya-gaya efektif
1. eksekutif (executive)
2. pembangun (developer)
3. otokrat penuh kebajikan (benevolent autocrat)
4. birokrat (bureaucrat)
b. gaya-gaya tidak efektif
1. kompromis (compromiser)
2. misionaris(missionary)
3. otokrat (autocrat)
4. pelarian (deserter)

2. Sebutkan manfaat dari organisasi informal?
Organisasi Informal
Dalam banyak hal, organisasi informal membantu organisasi formal, dan tanpa adanya organisasi informal, organisasi formal akan menghadapi hambatan-hambatan yang lebih berat. melihat hal tersebut maka bisa disimpulkan secara garis besar mengenai manfaat organisasi informal yaitu :
a. sebagai pendukung tujuan organisasi
b. sebagai alat komunikasi tambahan
c. sebagai alat pemuas kebutuhan sosial
d. dapat membantu manajer yang kurang mampu.



3. Sebutkan beberapa jenis bagan struktur organisasi?

Meskipun organisasi(formal) disusun atas dasar kegiatan-kegiatan dan hubungan-hubungan wewenang, kekuasaan, tanggung jawab, akuntabilitas, dan arus komunikasi yang sama, tetapi hasilnya adalah berbagai tipe struktur organisasi yang berbeda-beda, karena tidak ada pandangan yang paling baik dalam merancang struktur organisasi ataupun terap dalam semua kondisi, maka kan dibahas beberapa tipe departementasi yang masing-masing tipe mempunyai berbagai kebaikan dan kelemahan. Departementasi pada umumnya dapat dibagi menjadi 3 kelompok:
a. Departementasi Fungsional, merupakan departementasi yang paling umum dan luas digunakan dalam merancang struktur, dan dapat dijumpai dalam semua tipe organisasi.











b. Depertementasi produk, pengelompokka kegiatan atas dasar perbedaan barang atau jasa menurut perbedaan cara produksi atau proses dan cara pemakaiannya.





c. Depertementasi wilayah, sering disebut sebagai depertementasi lokasi, daerah, regional, ataupun geografis.









Jelaskan perbedaan dari Tata Kerja, Sistem Kerja dan Prosedur Kerja?
Tata Kerja, Prosedur Kerja dan Sistem Kerja
Tata Kerja merupakan cara melaksanakan suatu pekerjaan dengan benar dan berhasil guna atau bisa mencapai tingkat efisiensi yang maksimal.
Prosedur merupakan tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu pekerjaan baik mengenai dari mana asalnya dan mau menuju mana, kapan pekerjaan tersebut harus diselesaikan maupun alat apa yang harus digunakan agar pekerjaaan tersebut dapat diselesaikan.
Sistem Kerja merupakan susunan antara tata kerja dengan prosedur yang menjadi satu seingga membentuk suatu pola tertentu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

0 komentar:

Posting Komentar